Separuh Penerbangan di Paris Dibatalkan

Kompas.com - 24/12/2010, 07:38 WIB
Editoryuli

PARIS, KOMPAS.com — Otoritas Penerbangan Perancis batalkan separuh penerbangan ke dalam dan ke luar Bandara Roissy Charles-de-Gaulle, Paris, sampai pukul 13.00 waktu setempat, Jumat (24/12/2010). Ini dilakukan karena musim dingin yang membeku.

Petugas prakiraan cuaca memperkirakan kondisi di bawah nol derajat celsius pada Jumat pagi. Sementara itu, bandara mengalami kesulitan untuk mendapatkan cukup glycol, cairan yang digunakan untuk mencairkan es yang membalut pesawat. Demikian disampaikan para pejabat dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam.

Sebelumnya, otoritas bandara tersebut mengatakan bahwa empat landasan pacu Bandara Utama Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris ditutup untuk sementara hingga pukul 10.00 waktu setempat (16.00 WIB) pada hari Minggu akibat salju.

Sebelum penutupan dilakukan pada pukul 09.00 waktu setempat (15.00 WIB), semua jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat rata-rata mengalami keterlambatan 30 menit hingga satu jam.

Otoritas Penerbangan Perancis pada Sabtu lalu meminta sejumlah maskapai untuk membatalkan setidaknya seperempat dari semua penerbangan terjadwal menuju Roissy antara pukul 14.00 WIB dan 22.00 WIB. Sebanyak 60 persen penerbangan juga mengalami penundaan pada hari yang sama.

Ratusan penumpang yang pesawatnya mengalami pengalihan rute ke Roissy karena penutupan Bandara Heathrow di London pada hari Sabtu terpaksa menginap semalaman di ruang tunggu keberangkatan bandara tersebut.

Bandara Heathrow, London, yang merupakan bandara dengan aktivitas penumpang paling sibuk di dunia menutup landasan terbang sampai paling tidak pada hari Minggu untuk membersihkan salju. Sementara itu, pihak Bandara Gatwick, London, juga menutup landasan pacunya selama beberapa jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maskapai penerbangan British Airways membatalkan semua keberangkatan jarak dekat dari dua bandara tersebut. Semua penerbangan jarak jauh dari Heathrow dibatalkan pada hari itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.