Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salehi Gantikan Mottaki

Kompas.com - 18/12/2010, 17:20 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Ketua badan tenaga atom Iran Ali Akbar Salehi secara resmi, Sabtu (18/12/2010) menjadi menteri luar negeri baru Republik Islam itu setelah orang yang digantikannya dipecat oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad, kata media.Media Iran memberitakan Salehi akan menjadi menteri luar negeri sementara sampai parlemen secara resmi menyetujui pengangkatannya.
    
Berdasarkan undang-undang Iran, presiden harus mengajukan calon-calonnya  bagi jabatan-jabatan menteri ke parlemen untuk disetujui.
    
Salehi, yang tetap memegang jabatan ketua badan tenaga atom Iran, mengambil alih jabatan itu dalam satu acara yang juga merupakan  perpisahan bagi orang yang digantikannya Manouchehr Mottaki yang tidak hadir, kata laporan-laporan media.
    
Mottaki, 57 tahun  dipecat 13 Desember oleh Presiden Ahmadinedjad dalam satu kunjungan resmi ke Senegal. Pemecatannya terjadi setelah ia memuji sebagai satu "langkah maju" pernyataan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bahwa Iran  berhak memiliki program  energi tenaga nuklir untuk tujuan damai.
    
Hillary mengemukakan kepada stasiun radio Inggris BBC bahwa Teheran dapat memperkaya uranium  untuk tujuan-tujuan sipil di masa mendatang, tetapi hanya apabila negara itu menunjukkan  dapat melakukan itu dala sikap bertanggung jawab dan sesuai dengan kewajiban  internasional Iran.
    
Pernyataan-pernyataan Mottaki itu juga diucapkan hanya beberapa hari setelah Iran melakukan perundingan di Geneva 6 dan 7 Desember  dengan negara-negara penting dunia menyangkut program nuklirnya yang kontroversial. Perundingan lebihlanjut menurut rencana akan diselenggarakan bulan depan d Turki.
    
Salehi, 61 tahun yang diangkat sebagai ketua  badan tenaga atom  Iran 17 Juli 2009, merupakan orang penting dibelakang program nuklir Iran , dan selama masa jabatannya pusat listrik tenaga nuklir pertamanya telah mengalami kemajuan.
    
Sebelum mengambil alih jabatan itu, ia adalah wakil ketua Organisasi Konferensi Islam yang berpusat di Jeddah. Salehi adalah doktor dari perguruan tinggi terkenal MIT di Amerika Serikat.
    
Ia menjadi wakil Teheran dalam Badan tenaga Atom Internasional  yang berpusat di Wina semasa pemerintah presiden Mohammad Khatami.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com