Malioboro Kembali Normal

Kompas.com - 09/12/2010, 17:52 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Malioboro telah normal kembali. Wisatawan sudah mulai berkunjung ke salah satu kawasan wisata favorit di Yogyakarta. Malioboro terkenal sebagai pusat belanja oleh-oleh khas Yogyakarta dan wisata kuliner. Selain itu, beberapa hotel juga berada di kawasan ini.

Saat erupsi Gunung Merapi yang lalu, pariwisata Yogyakarta sempat lumpuh. Salah satu yang terkena dampak adalah daerah Malioboro. Kompas.com menemui salah satu pedagang minuman di Malioboro bernama Slamet, Kamis (9/12/2010). Ia mengatakan kondisi sudah normal kembali sejak dua minggu yang lalu.

Hal senada juga diutarakan Jumari, tukang becak yang biasa mangkal di Malioboro. Turis asing maupun domestik sudah banyak yang memakai jasanya untuk mengantar keliling Yogyakarta. "Beda jauh sama waktu masih penuh abu," kata Jumari.

Baik Slamet maupun Jumari saat abu vulkanik tebal menyelimuti Malioboro, mereka tidak bekerja. Saat ditanyakan apakah mereka mencari pekerjaan lain ketika wisatawan sepi, mereka menjawab bahwa mereka hanya berdiam diri saja di rumah.

Pengamatan Kompas.com, Malioboro cukup ramai walaupun bukan di hari libur atau akhir pekan. Beberapa turis asing dalam rombongan terlihat santai berpelesir dengan becak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.