Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Hujan Abu, Bandara Yogya Ditutup

Kompas.com - 30/10/2010, 06:51 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta, ditutup sementara hingga Sabtu (30/120/2010) pagi ini akibat hujan abu dari Gunung Merapi yang masih mengguyur langit Yogyakarta dan sekitarnya.

Manajer Operasional Bandara Adisucipto, Halendra, belum dapat memastikan sampai kapan penutupan itu dilakukan. Yang jelas, petugas kebersihan bandara saat ini terus membersihkan landasan pacu dari debu. Landasan pacu yang perlu dibersihkan setidaknya sepanjang 900 meter.

"Sekarang dibersihkan lebih dahulu, agar debu tidak masuk ke engine pesawat," kata Halendra kepada Radio Elshinta FM, Sabtu pagi ini.

Menurut dia, meskipun sekarang sudah terlihat cahaya matahari, namun hujan abu masih menutup jarak pandang. Dijelaskan pula, saat ini ada lima pesawat yang di bandara tersebut, yakni milik maskapai Garuda Indonesia, Merpati Airlines, Batavia Air, Expres, dan Lion Air.

Pesawat itu tujuan Jakarta, Makassar dan Surabaya. Rencananya, penerbangan dialihkan ke Solo atau Surabaya. "Kami mohon maaf karena terganggu jadwalnya atau rencana keberangkatan dan kedatangannya," ujar Halendra. Menurut dia, jika penerbangan dilanjutkan saat ini, akan mengganggu penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com