Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto: Proses Evakuasi Petambang Cile

Kompas.com - 13/10/2010, 12:55 WIB

SAN JOSE, KOMPAS.com — Setelah 68 hari terjebak dalam lubang tambang, 33 petambang Cile, Selasa (12/10/2010) waktu setempat, satu demi satu diselamatkan. Proses ini lebih cepat dari dugaan semula yang diperkirakan baru akan terjadi pada akhir tahun ini.

Proses evakuasi tersebut mendapat perhatian luas dari media global. CNN, misalnya, menyiarkan secara langsung proses itu. Ribuan orang menonton proses itu di tambang emas dan tembaga di gurun Atacama, San Jose, Cile utara.

Dalam adegan yang menakjubkan, petambang kedua yang diselamatkan, Mario Sepulveda, memberikan hadiah batu bagi para penyelamatnya dan presiden negara itu. Mario Sepulveda memeluk istrinya sebelum mengobrak-abrik tas yang dia bawa untuk mengeluarkan batu-batu dan menyerahkannya kepada orang-orang di sekitarnya. Dia kemudian berlari ke kerumunan para menonton, mengepalkan tinjunya dan memimpin mereka dalam nyanyian populer, "Viva Cile".

Foto 1: Salah seorang petambang merangkul Manuel Gonzalez, seorang anggota tim penyelamat, ketika dia tiba di lubang tambang dalam sebuah kapsul yang akan membawa para petambang ke permukaan.

Foto 2: Para kerabat dan teman-teman bereaksi saat petambang pertama muncul dari lubang bor.

Foto 3: Momen dramatis saat Avalos, petambang pertama yang diselamatkan, muncul dari kapsul di tambang.

Foto 4: Mario Sepulveda bercanda dengan orang banyak saat ia muncul dari tambang sebelum membagi-bagikan "hadiah" berupa batu kepada para penyelamatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com