Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Penyelamatan (Semoga) Lebih Cepat

Kompas.com - 05/10/2010, 16:26 WIB

KOMPAS.com — Pedro Buttazzoni tampak sumringah saat bercerita soal kerja tim penyelamat terhadap 33 pekerja tambang yang terjebak jauh di perut Bumi. Seturut warta media AP dan AFP pada Selasa (5/10/2010), pihaknya sudah melakukan pengeboran sepanjang 464 meter. "Itu berarti tinggal ada jarak sekitar 160 meter untuk mencapai lokasi para pekerja," katanya.

Buttazzoni yang juga direktur pertambangan Geotec, Cile, itu menambahkan, jarak tersebut bisa tembus dalam waktu maksimal empat hari sejak sekarang. "Kalau tak ada halangan, penyelamatan bisa lebih cepat," tuturnya.

Menurutnya, perdebatan terjadi di antara petugas penyelamat tentang kebutuhan membangun terowongan dari metal seperti rencana semula. Pembuatan terowongan itu akan memakan waktu beberapa hari. Jika keputusannya adalah terowongan tidak diperlukan, para pekerja tambang dapat diangkat keluar pada akhir pekan.

Para pekerja tambang terjebak di bawah tanah selama dua bulan. Masa ini lebih lama dibandingkan kejadian sebelumnya.

Sebelum ke Eropa

Sebelumnya, Presiden Cile Sebastian Pinera mengharapkan para pekerja dapat diselamatkan sebelum rencana kunjungannya ke Eropa pada 17 Oktober nanti. "Saya berharap kami dapat menyelamatkan mereka sebelum saya pergi ke Eropa. Saya ingin merasakan peristiwa tersebut bersama para pekerja tambang," kata dia.

Jadwal penyelamatan dapat diperpendek setelah proses pengeboran untuk menyelamatkan para pekerja tambang mengalami kemajuan pesat. Pekan lalu, pemerintah mengatakan bahwa proses penyelamatan akan dimulai pada minggu kedua Oktober, bahkan sebelumnya disebutkan akan dimulai pada awal November.

Terowongan penyelamatan sudah sempurna, terutama karena kapsul baja yang dirancang oleh Angkatan Laut Cile akan diturunkan. Rencananya, pasukan komando angkatan laut akan turun ke lokasi tambang guna memantau situasi dan menolong para pekerja dalam menggunakan kapsul penyelamat.

Proses menarik seorang pekerja ke atas diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam. Adapun dokter mengatakan, para pekerja sudah mempersiapkan diri untuk proses penyelamatan.

Mereka juga mendapatkan pelatihan dari pakar hubungan masyarakat yang akan membantu mereka mengatasi situasi penyelamatan yang akan mendapatkan sorotan media-media di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com