Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China-Taiwan Kian Akrab

Kompas.com - 02/09/2010, 16:16 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Menteri Kebudayaan China, Cai Wu, Kamis (2/9), terbang ke Taiwan menjadi pejabat tertinggi China daratan yang berkunjung ke pulau yang berpemerintahan sendiri itu dalam 12 tahun terakhir.

"Di sini, saya akan menghadiri satu seminar dan mempromosikan pertukaran kebudayaan dengan Taiwan," katanya setiba di bandara Taoyuan di luar ibu kota Taipei.

Ini adalah untuk pertama kalinya seorang menteri kabinet China berkunjung ke Taiwan sejak 1998, ketika Zhu Lilan, saat itu menteri ilmu pengetahuan dan teknologi China, melakukan kunjungan ke pulau itu. Cai akan menghadiri satu seminar di Taipei pada 6 September, menurut penyelenggara seminar Lembaga Kebudayaan Shen Chun-chih, badan nirlaba yang berpusat di Taipei yang memfokuskan diri pada pertukaran kebudayaan dengan China daratan. Dia diduga akan bertemu dengan rekannya dari Taiwan, Emile Sheng, ketua Dewan Kebudayaan pulau itu, menurut panitia penyelenggara.

Taiwan dan China telah diperintah secara terpisah sejak Perang Sipil China berakhir pada 1949. Beijing masih menganggap pulau itu adalah bagian dari wilayahnya dan berikrar akan membawanya kembali, dengan kekerasan jika perlu.

Namun, hubungan mereka makin membaik setelah Presiden Ma Ying-jeou dari Partai Kuomintang yang bersahabat dengan Beijing mengambil kekuasaan di Taiwan tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com