Misi Tempur AS di Irak Berakhir

Kompas.com - 01/09/2010, 16:32 WIB
EditorEgidius Patnistik

CAMP RAMADI, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates dalam suatu kunjungan mendadak ke Irak, Rabu, mengatakan bahwa perang militer Amerika di negara itu berakhir.

Ditanya wartawan di Camp Ramadi, sebuah pangkalan Amerika sekitar 100 kilometer di barat Baghdad, apakah Amerika Serikat masih dalam keadaan perang di Irak, Gates menjawab, "Saya katakan tidak. Operasi tempur telah dihentikan. Kami masih akan bekerja dengan Irak dalam kontra-terorisme, kami masih banyak melakukan pelatihan dan konsultasi. Jadi saya katakan, kami telah menuju ke tahap akhir keterlibatan kami di Irak," kata Gates di pangkalan itu, di mana ia bertemu dengan tentara Amerika yang tetap berada di sana untuk memberikan bantuan kepada tentara Irak.

Presiden Barack Obama Selasa malam secara resmi mengumumkan akhir dari misi tempur AS di Irak. Pasukan AS sekarang turun menjadi kurang dari 50.000 orang dengan hanya seorang penasihat dan misi pelatihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.