Pemilu Australia Tanpa Pemenang

Kompas.com - 23/08/2010, 17:01 WIB
EditorEgidius Patnistik

SYDNEY, KOMPAS.com Para pemimpin politik Australia membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membentuk pemerintahan baru setelah pemilihan umum pada hari Sabtu tidak menghasilkan suara mayoritas di parlemen. Demikian dikatakan para pengamat, Senin.

Pemerintahan terpaksa dijalankan pejabat sementara setelah Partai Buruh yang berkuasa dan berhaluan kiri-tengah pimpinan Perdana Menteri Julia Gillard serta koalisi oposisi konservatif Liberal/Nasional pimpinan Tony Abbott tidak memenangkan suara mayoritas. Partai-partai besar itu harus bernegosiasi dengan calon-calon independen dan satu Partai Hijau yang sepertinya akan terus memegang keseimbangan kekuatan di parlemen. Menurut para pengamat, proses itu dapat memakan waktu hingga tiga bulan sebelum akhirnya pemerintah baru terbentuk.

Profesor Donald Rothwell mengatakan, parlemen harus mengadakan rapat dalam waktu 30 hari sejak pejabat pemilihan menegaskan nama setiap kandidat yang terpilih. Namun, komisi itu baru dapat memastikan nama-nama itu pada 27 Oktober. "Hal ini bisa memungkinkan Perdana Menteri Gillard untuk memanggil jajarannya dalam rapat DPR paling lambat pada 26 November 2010 sehingga baru tiga bulan kemudian kesepakatan tercapai dengan para kandidat independen," katanya.

Rothwell, profesor di Australian National University College of Law, mengatakan, Gillard bisa tetap menjadi perdana menteri sementara sampai saat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.