Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Markas Geng, Rasakan Desing Peluru

Kompas.com - 30/07/2010, 15:26 WIB

KOMPAS.com — Gangster dan kiriminal, dua isu besar Afrika Selatan (Afsel). Karena besarnya, kadang hal itu membuat rasa ingin tahu sangat tinggi.

Saat di Cape Town, kandang gangster, Kompas.com sempat bimbang. Di satu sisi sangat ingin tahu soal gangster dan kehidupannya, di sisi lain ada rasa takut. Namun, janji dengan salah seorang anggota geng Nice Time Kids sudah telanjur dibuat.

Tanggal 6 Juli 2010 waktunya. Kompas.com sudah meminta Anan (bukan nama sebenarnya) untuk dibawa berkunjung ke markas gengnya di daerah Handover, Cape Town. Ini daerah kawasan miskin dan banyak orang menjadi anggota geng demi menyambung hidup atau mengejar kehidupan lebih baik.

"Anda yakin siap berkunjung ke markas geng dan bertemu dengan rekan-rekan kami?" begitu tanya Anan.

Sedikit ragu, Kompas.com akhirnya menganggukkan kepala. Maka, di tengah malam, kami memacu mobil memasuki daerah Handover. Anan sibuk menghubungi rekan-rekannya.

"Awoi... Awoi... One love, one love, my bru!" begitu Anan menelepon rekannya. Dia lalu meminta siapa saja yang ada waktu untuk berkumpul di tempat biasa.

Sekitar pukul 20.30, kami pun masuk ke kawasan flat coloured people. Mereka adalah masyarakat blasteran yang sangat dominan di Cape Town. Lalu, seseorang sudah mencegat. Kami turun dari mobil dan langsung disalami.

"Awoi... Awoi... One love.. One love! Apa kabar, senang bertemu Anda. Mari," kata orang itu.

Kami pun masuk gang-gang semut, melewati tanah-tanah becek, melompati kayu yang melintang dan menghindari atap yang hampir roboh dalam kegelapan. Terkadang kami harus berpijak batu agar tak basah oleh becek akibat limbah kamar mandi. Sepanjang perjalanan, ada saja anjing yang menyalak karena kehadiran kami.

"Tenang, tak apa-apa. Silakan masuk, di sini tempat kami berkumpul," kata orang tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com