Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mustahil Ada Pertemuan antara AS-Iran

Kompas.com - 20/07/2010, 20:38 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, Selasa (20/7/2010), mengatakan, Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki tidak mungkin melakukan pertemuan dengan Menlu AS Hillary Clinton saat keduanya menghadiri konferensi internasional di Kabul.

"Pertemuan antara pejabat Iran dan AS itu mustahil, bila dilihat dari kebijakan permusuhan AS terhadap Iran, termasuk usaha pengadaan resolusi anti-Iran di arena internasional dan juga sanksi-sanksi secara sepihak AS atas Teheran," katanya.

Iran, Senin, dilaporkan menolak permohonan kunjungan ke Teheran oleh Senator AS, John Kerry, demikian kantor berita Iran, IRNA, melaporkan.

Ketua Urusan Keamanan Nasional dan Komisi Kebijakan Luar Negeri pada Majelis Nasional (parlemen) Iran Alaeddin Boroujerdi mengatakan, Iran menolak permohonan yang diajukan Senator John Kerry untuk berkunjung ke Teheran.

Alasan penolakan itu karena Partai Demokrat AS yang memerintah dinilai tidak konsisten dalam kata dan tindakannya.

"Sejauh ini, belum ada perubahan dalam kebijakan AS terhadap Republik Islam itu sejak Presiden Barack Obama dilantik jadi presiden tahun lalu," kata Boroujer.

"Iran pun tidak akan merubah kebijakannya menyangkut AS," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com