Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Sepeda di DKI Sangat Mendesak

Kompas.com - 05/07/2010, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebutuhan terhadap sarana jalur sepeda di wilayah DKI Jakarta dirasa sudah sangat mendesak. Polda Metro Jaya siap membantu kebijakan Pemerintah Provinsi DKI dalam menggalakkan program bersepeda tersebut.

"Indikasinya bisa dilihat dari jumlah peserta di DKI yang ikut Fun Bike Bhayangkara ini. Dari data yang kami terima jumlah peserta sebanyak 31.000 orang," ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Boy Rafli Amar di sela-sela acara Fun Bike Bhayangkara ke-64 di Monas, Minggu (4/7/2010) pagi.

Dengan angka peserta fun bike yang sudah mencapai puluhan ribu itu, sudah sepatutnya pemerintah daerah setempat menurutnya menyediakan kawasan jalur sepeda. Tentunya, untuk penyediaan sarana jalur sepeda perlu koordinasi antarinstansi terkait sehingga jalur sepeda yang dibangun tertata dengan apik.

Penyediaan kawasan jalur sepeda, kata Boy, tentu sangat mengakomodasi kebutuhan para goweser di Jakarta. Bukan cuma itu, komunitas pencinta sepeda akan semakin menjamur seiring tersedianya sarana dan prasarana bersepeda.

Menurut Boy, soal kebutuhan jalur sepeda ini sudah pernah dibicarakan antara Pemprov DKI dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Warga masyarakat yang jarak tempat tinggal dan tempat kerjanya antara 10 dan 20 km saat ini sudah banyak yang menggunakan sepeda.

"Tentunya pihak yang menyediakan sarana jalur sepeda dari pemprov, sementara kami dari pihak kepolisian membantu dalam hal pengaturan jalur," ucap Boy.

Kegiatan Fun Bike Bhayangkara lebih kurang diikuti 247.000 pesepeda dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Boediono yang didampingi oleh Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Kegiatan ini juga mengumpulkan lebih kurang 150.000 batang pohon yang akan ditanam untuk pekan penghijauan.

Pemprov lamban

Ferdinand (27), warga Blok M, Jakarta Selatan, salah satu peserta Fun Bike Bhayangkara se-Indonesia berharap, Pemprov DKI jangan lamban dalam menyediakan kebutuhan para biker, khususnya jalur sepeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com