Perancis Tetap Perangi Taliban

Kompas.com - 11/06/2010, 00:31 WIB
EditorJosephus Primus

CHARLES DE GAULLE, KOMPAS.com - Presiden Nicolas Sarkozy pada Kamis (10/6/2010) berjanji bahwa Perancis akan tetap melawan Taliban dan Al Qaeda setelah seorang tentara ke-43 P3rancis tewas di Afganistan pada pekan ini. "Perancis tidak bisa melepas perjuangan melawan terorisme dan teroris," kata Sarkozy setelah menjelajahi kapal induk utama Prancis, Charles de Gaulle, yang berlabuh di lepas pantai Toulon, Perancis selatan.     "Kita harus membantu rakyat Afganistan sampai mereka mampu menjamin keamanan dan pembangunan mereka," katanya.

"Kita harus tetap melawan Taliban dan Al Qaeda," imbuhnya.     Seorang bintara Perancis tewas dan tiga tentara lain luka akibat serangan roket anti-tank oleh kelompok Taliban di Afganistan timur pada Senin.     Korban terkini itu adalah prajurit ke-43 Perancis tewas di Afghanistan sejak penempatan pasukan asing di negara terkoyak perang tersebut pada ahir 2001.     Perancis memiliki sekitar 3.500 prajurit dalam tugas persekutuan pertahanan Atlantik utara NATO di negara itu.     Sarkozy mengumumkan bahwa kapal induk pengangkut pesawat itu akan ditempatkan di wilayah Teluk dan Samudera Hindia sebelum ahir tahun ini.     Sarkozy pada Januari menjelaskan bahwa Perancis tidak akan mengirimkan pasukan tempur tambahan ke Afganistan, namun mengirimkan petugas bukan tempur tambahan guna melatih pasukan keamanan Afganistan.     Perancis adalah penyumbang keempat terbesar tentara dari negara Barat dalam membantu pemerintah Afganistan memerangi perlawanan pimpinan Taliban, setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.    

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.