Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Siap Halau Konvoi Kapal ke Gaza

Kompas.com - 27/05/2010, 06:57 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com Sebuah sumber militer Israel, Rabu (26/5/2010), mengatakan bahwa angkatan laut negara itu siap mencegah konvoi kapal bantuan kemanusiaan pimpinan Turki yang menuju Jalur Gaza.

Israel dan Mesir menutup perbatasan Gaza setelah kelompok Islam Hamas menguasai wilayah itu tahun 2007. Penduduk Gaza sebanyak 1,5 juta orang tengah menghadapi kekurangan air dan obat-obatan.

"Sesuai dengan petunjuk Pemerintah Israel, Angkatan Pertahanan Israel dan Angkatan Laut Israel siap untuk mencegah armada bantuan itu mencapai pantai Gaza," kata sumber militer tadi kepada Reuters.

Sumber tersebut mengatakan, pasukan angkatan laut telah mengadakan sejumlah latihan untuk persiapan menegakkan blokade laut itu. Dalam beberapa pekan terakhir, Israel telah mengizinkan sejumlah barang yang sebelumnya dilarang, seperti pakaian, sepatu, kayu, dan aluminium memasuki Jalur Gaza melalui darat. Israel terus mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan ke wilayah pesisir.

Sumber militer itu mengatakan, jika kapal-kapal bantuan itu tidak berbalik setelah diberikan peringatan, maka pasukan angkatan laut Israel akan naik ke atasnya dan membawa kapal-kapal itu ke pelabuhan Israel. Dari sana penumpang dan awak kapal akan dikirim pulang dan barang-barang bawaannya akan dipindahkan ke Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com