Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cameron Jadi Perdana Menteri Inggris

Kompas.com - 12/05/2010, 06:26 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pemimpin Partai Konservatif, David Cameron, ditunjuk Ratu Elizabeth II menjadi perdana menteri baru Inggris. CNN melaporkan, Selasa (11/5/2010) malam, Ratu Elizabeth II mengundang Cameron untuk membentuk pemerintahan berikutnya setelah sekitar satu jam sebelumnya dia menerima pengunduran diri Gordon Brown.

Cameron langsung menyatakan ingin membentuk pemerintahan koalisi antara Partai Konservatif dan Demokrat Liberal. Dalam pemilihan umum majelis rendah parlemen Inggris pekan lalu, Partai Konservatif yang berhaluan kanan memenangi jumlah kursi terbesar, tetapi tidak cukup untuk bagi mereka membentuk pemerintahan sendiri.

Partai Buruh pimpinan Brown yang berhaluan kiri berada di urutan kedua dan Demokrat Liberal di urutan ketiga. Partai Demokrat Liberal telah menjadi kekuatan ketiga yang menentukan dalam peta perpolitikan Inggris saat ini. Sebuah koalisi Partai Demokrat Liberal-Konservatif akan memiliki mayoritas anggota di parlemen.

Perdana Menteri Gordon Brown kemarin menyatakan mengundurkan diri. Kalangan Partai Buruh yang masih berkuasa menyatakan, pembicaraan kemungkinan koalisi dengan Partai Demokrat Liberal telah gagal, maka Brown pun mundur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com