Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayang Keluarga dan Bo untuk Obama Disiapkan

Kompas.com - 18/03/2010, 03:53 WIB

Yogyakarta, Kompas - Meski Presiden Amerika Serikat Barack Obama batal berkunjung ke DI Yogyakarta, seniman wayang kulit Ki Ledjar Subroto tetap mendapat pesanan wayang dengan karakter wajah keluarga Obama bersama seekor anjingnya. Satu perangkat wayang kulit itu akan dibawa ke Jakarta untuk menyambut kunjungan kenegaraan Obama ke Indonesia pada 23-25 Maret mendatang.

Selama satu pekan terakhir, Ki Ledjar bekerja hingga dini hari untuk membuat wayang wajah yang terdiri atas Obama, Michelle Obama, dua putri mereka; Malia dan Sasha, serta seekor anjing kesayangan keluarga Obama bernama Bo. Anggota keluarga Obama batal ikut dalam lawatan ke Indonesia, tetapi Ki Ledjar mengaku mendapat pesanan khusus pembuatan hadiah wayang tersebut dari keluarga Obama di Indonesia.

Sebelumnya, Ki Ledjar berencana akan menyerahkan dan memainkan wayang pesanan itu saat Obama di Yogyakarta. Dengan batalnya kunjungan Obama ke Yogyakarta, wayang Ki Ledjar akan diserahkan kepada Obama di Jakarta.

”Obama memang bukan pahlawan kita, tetapi keberhasilan dan perjuangan hidupnya layak dicontoh masyarakat Indonesia,” ujar Ki Ledjar, Rabu (17/3) di Yogyakarta.

Pengerjaan pembuatan lima wayang itu dikebut karena harus selesai dalam sepekan. Biasanya Ki Ledjar membutuhkan waktu sepekan untuk membuat satu wayang kulit.

Wayang Obama karya Ki Ledjar sangat mirip dengan wajah Obama. Dalam sosok wayang tersebut, Obama mengenakan celana pendek dan baju batik santai. Kisah wayang yang sedianya akan dibawakan Ki Ledjar adalah rekonstruksi peristiwa ketika Obama pertama kali masuk ke Gedung Putih.

”Kesulitan pembuatan lebih pada penciptaan karakter wajah wayang agar sesuai dengan aslinya. Seluruh foto Obama menghadap ke depan. Padahal, wajah wayang harus dari samping,” ujar Ki Ledjar.

Koleksi museum

Karya wayang kulit Ki Ledjar menjadi koleksi enam museum di sejumlah kota di Belanda. Koleksi wayang di museum-museum Belanda itu didominasi wayang wajah tokoh revolusi Indonesia dan tokoh-tokoh dari Kerajaan Belanda. Ironisnya, karya wayang kulit Ki Ledjar sempat dicantumkan sebagai karya orang lain di Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia. (WKM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com