Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Tymoshenko Cabut Gugatan Hasil Pilpres

Kompas.com - 20/02/2010, 19:07 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko , Sabtu (20/2/2010), tanpa diduga mencabut  satu gugatan menyangkut kemenangan pesaingnya dalam pemilihan presiden pada saat pengadilan tinggi bersidang untuk mendengar keberatannya.
     
"Kami mencabut  gugatan kami," kata Tymoshenko pada pengadilan itu, dan mengatakan  ia melihat tidak ada  gunanya melanjutkan perkara itu.
      
Perdana menteri itu menyerahkan kepada pengadilan tersebut sembilan jilid bukti ketika  perkara itu  mulai disidangkan, Jumat, berusaha mengulangi kembali  keberhasilan tahun 2004  ketika pengadilan membatalkan  kemenangan Viktor Yanukovych dan memerintahkan pemilu baru  yang akhirnya Yanukovych kalah.
      
Tetapi pada hari Sabtu  Tymoshenko  mengatakan ia tidak percaya  pada pengadilan administratif tertinggi  dan mencabut gugatannya. "Kami melihat tidak ada gunanya melanjutkan proses kasus itu," kata Tymoshenko  di pengadilan tersebut .
     
Lebih dari seribu pendukung Tymoshenko  berkumpul di luar gedung pengadilan itu  di Kiev Sabtu  untuk mendukung  dia dalam usaha memaksa Yanukovych melakukan pemilihan putaran ketiga.
      
Ratusan orang datang mendukung Yannukoviych, slogan-slogan mereka menyerukan perdana menteri mengakui kekalahannya.
      
Pengadilan itu memutuskan hasil akhir pemilu itu ditangguhkan sementara pihaknya membahas gugatan Tymoshenko.
     
Viktor Yanukovych  mengalahkan Tymoshenko  dengan perbedaan angka 3,5 persen  atau hanya dibawa 890.000 suara, menurut hasil resmi akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com