Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pertahanan Somalia Lolos dari Bom

Kompas.com - 15/02/2010, 18:00 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com -  Menteri Pertahanan Somalia Yusuf Mohamed Indha’adde selamat dari serangan bom mobil yang menewaskan dua orang pejalan kaki di Mogadishu, Senin.

Menurut pejabat keamanan dan saksi mata, ledakan itu berasal dari sebuah mobil yang sedang diparkir tidak jauh dari Hotel Ambassador di jalan Maka al-Mukarama, Mogadishu, lokasi pertemuan yang dipimpin Indha’adde. "Mereka mengincar Menteri tersebut namun dia dan para pembantunya selamat," kata polisi Aden Ali kepada AFP.

Sejumlah saksi mata mengatakan, dua orang warga sipil tewas akibat ledakan yang menimbulkan kebakaran di kawasan tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa pasukan pemerintah menembak seorang tersangka tidak lama setelah serangan yang gagal terhadap Indha’adde, satu dari sejumlah tokoh kuat di jajaran keamanan Somalia.

Pasukan Pemerintah Federal Transisi (TFG) diyakini telah memasuki tahap akhir persiapan bagi operasi militer ofensif untuk menggulung Shebab, kelompok gerilyawan garis keras yang bersimpati kepada Al-Qaeda. Warga sipil telah mengungsi dari ibukota menjelang rencana operasi itu. Mereka yang tetap tinggal menjadi korban sejumlah bentrokan sporadis antara kelompok pimpinan Shebab dengan pasukan TFG yang didukung pasukan Uni Afrika.

Menurut PBB lebih dari 50 warga sipil tewas dalam baku tembak sejak 5 Februari dan lebih dari 100 orang luka-luka. Badan Pengungsi PBB melaporkan bahwa 8.100 orang telah mengungsi sejak awal bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com