Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelamatan Anak-anak Haiti Nyaris Terhenti

Kompas.com - 09/02/2010, 12:42 WIB

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com- Proses pengungsian anak-anak Haiti yang luka parah ke Amerika Serikat oleh pihak non-pemerintah kini hampir terhenti total. Sebab, para penolong, dokter, dan petugas pemerintah khawatir dituduh menculik bila mereka memindahkan anak-anak tersebut sebelum membereskan administrasi, sedangkan proses administrasi itu lamban atau bahkan tak tersedia dokumennya.

Tadinya RS Anak terbesar di Haiti menerbangkan 15 anak tiap hari ke Amerika Serikat melalui penerbangan non-pemerintah. Tapi kemudian terjadi kasus di mana 10 warga AS ditahan karena berusaha membawa anak-anak keluar dari Haiti bulan lalu. Setelah kasus tersebut, cuma tiga anak per hari yang diterbangkan ke rumah sakit-rumah sakit di AS.

Demikian dikatakan Kepala Administrasi RS Lapangan Haiti Bidang Perawatan Anak, Elizabeth Greigh, yang juga bertugas mengusahakan perizinan pengungsian anak-anak dari Haiti ke AS.

"Setidaknya 10 anak telah meninggal atau makin parah kondisinya saat menunggu diungsikan," lanjut Greig. Belasan anak sangat butuh perawatan, dan sebenarnya jumlah RS dan pilot AS pun cukup banyak tersedia.

Akan tetapi sebelum diizinkan mengungsikan seorang anak, para dokter mengaku oleh petugas AS dan Haiti dimintai dokumen untuk membuktikan bahwa anak tersebut yatim piatu atau bahwa orang dewasa yang menemani anak itu adalah orang tuanya. Ini sangat sulit mengingat bahwa segala surat-surat seperti akte lahir anak-anak itu kebanyakan masih tertimbun reruntuhan.

"Mereka (anak-anak itu) semua berisiko mati, dan seharusnya mereka tak lagi di Haiti," keluh Dr. Shayan Vyas, ahli anak dari AS sementara mengganti infus di RS lapangan yang berbasis di bandara Port-au-Prince.

RS ini dikelola oleh Medishare, lembaga kemanusiaan berbasis di Miami, AS, dan juga oleh perkumpulan RS yang berafiliasi dengan Universitas Miami; dari sinilah kebanyakan anak-anak itu diungsikan via udara oleh bantuan non-pemerintah.

Klinik-klinik lain di Haiti juga mengusahakan sendiri proses pengungsian, tapi semuanya kini tengah bergulat dengan birokrasi demi membuktikan bahwa mereka tidak mengungsikan anak-anak itu secara ilegal.

Terkait kasus 10 warga AS yang ditahan itu, apa pun motivasi mereka membawa anak-anak keluar dari Haiti tanpa persetujuan pemerintah tapi intinya menurut banyak warga Haiti dan pekerja penyelamatan kasus ini telah menjadi pengalih perhatian yang berbahaya bagi negara yang masih di tengah krisis kemanusiaan ini.

Sebelum terjadi kasus tersebut, begitu sejumlah anak dinyatakan dalam kondisi kritis, maka pilot dan regu penyelamat bisa menerbangkan mereka keluar dari negara itu. Surat-surat dan administrasi bisa diurus setelah keadaan anak-anak itu stabil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com