Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Politisi Somalia Ditembak

Kompas.com - 21/01/2010, 01:52 WIB

BOSSASO, KOMPAS.com - Seorang pria bersenjata menembak mati politikus lokal di Kota Puntland, Somalia utara. Ini merupakan pembunuhan politis terbaru yang terjadi di wilayah semi-otonomi tersebut.
       
Saksi Nor Abdulle mengatakan, anggota parlemen bernama Mohamed Abdi Daqare diserang di sebuah jalan di pelabuhan Bossaso pada Selasa malam. "Pria itu menembak di bagian kepala. Polisi kemudian menutup daerah tersebut dan menangkap pelaku penembakan," kata Abdulle kepada Reuters.

Seorang kerabat politikus itu mengatakan, Daqare tewas beberapa saat kemudian di rumah sakit akibat luka-luka di kepalanya.

Kota Puntland relatif stabil dibanding dengan wilayah-wilayah lain di Somalia yang dilanda kekacauan. Namun, keadaan tidak aman meningkat dalam beberapa bulan ini di daerah tersebut, yang juga menjadi pangkalan perompak yang beroperasi di lepas pantai Somalia.

Para ahli mengatakan, daerah itu juga menjadi tempat kelompok kriminal terorganisasi, termasuk pemalsu uang dan penyelundup manusia. Pada awal Januari, seorang anggota parlemen lainnya juga ditembak mati, sementara dalam insiden-insiden terpisah pada November, seorang anggota parlemen dan seorang hakim yang memenjarakan perompak dan gerilyawan garis keras juga dibunuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com