Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamara Geraldine Trekking dan Hiking di Bhutan

Kompas.com - 14/01/2010, 09:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Tamara Geraldine (35) sejak dulu berhobi trekking. Kabar terbaru, ia baru saja trekking dan hiking di Bhutan, mendaki ke The Taktshang Goemba (Tiger’s Nest Monastery) yang tingginya 3.000 meter di atas permukaan laut.

”Naik jip ke sana aja empat jam. Belum naiknya. Orang Buddha itu selalu membangun biara di atas gunung. Semakin tinggi, semakin dekat dengan Tuhan. Itu pertama kali dalam sejarah trekking-ku bisa naik setinggi itu,” kata Tamara.

Pengalaman di Tibet dan Turki, menurut dia, tidak sebanding dengan pengalaman di Bhutan, 28 Desember 2009-4 Januari 2010.

Banyak hal lucu dia alami, termasuk tidak bisa beli apa pun di sana. ”Bandara internasionalnya ternyata di Paro, sedangkan nama ibu kotanya Thimphu. Aku juga baru tahu di sana. Begitu sampai di Paro, tidak ada sinyal telepon genggam,” kata Tamara.

Tidak cuma itu ”penderitaannya” karena ia terbiasa menggesek kartu kredit dan mengambil uang di ATM, maka ia hanya membawa uang 100 dollar AS. ”Ternyata kartu kredit dan ATM enggak bisa dipakai. Uangku ditukar cuma dapat 4.500 nungtrum. Akhirnya aku menginap di backpacker hostel yang sekamar isinya 18 tempat tidur. Cuma bayar 2 dollar AS per orang. Untung aja low season, jadi 16 tempat tidur lainnya kosong. Tapi, malam Tahun Baru, enggak ada air. He-he-he,” kata Tamara. (LOK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com