Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Bakar Semangat Tentara Korut

Kompas.com - 27/11/2009, 22:32 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Il, menginstruksikan agar Angkatan Laut (AL) memperkuat diri di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan akibat bentrokan antara AL kedua negara, Jumat (27/11).
    
Hal itu disampaikan Kim saat mengunjungi komando Unit 587 AL, tadi pagi. Ia memuji marinir Korut, dan menjuluki mereka sebagai pejuang yang gigih mengabdikan diri tanpa pamrih kepada negara dan pemimpin mereka.
     
"Negara sosialis kita tak terkalahkan dan menempati ranking teratas dalam mempertahankan wilayah lautnya," kata Kim, yang dalam inspeksi itu didampingi oleh Menteri Pertahanan, Kim Yong-Chun, dan beberapa petinggi militer.

Korut dan Korea Selatan (Korsel) masing-masing menyiagakan AL mereka di sepanjang perbatasan menyusul bentrokan bersenjata kedua AL di perbatasan Laut Kuning pada 10 November. Insiden ini merupakan yang pertama dalam tujuh tahun terakhir.

Para pejabat Seoul mengatakan bentrokan bersenjata itu mengakibatkan rusaknya kapal patroli Korut. Media massa setempat melaporkan, seorang marinir Korut tewas dan tiga serdadu luka-luka. Korut telah berjanji bakal mengambil tindakan militer tanpa ampun untuk melindungi perbatasan Laut Kuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com