Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Sejumlah Pesawat Cathay Pasifik Mendadak Macet

Kompas.com - 26/11/2009, 16:56 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com — Cathay Pacific, Rabu (25/11), mengaku dirundung serangkaian kejadian misterius. Toilet pada sejumlah pesawat Airbus mereka macet. Sebuah pesawat Cathay Pacific yang dipenuhi penumpang dipaksa mendarat tidak sesuai jadwal karena tolietnya tak berfungsi.

Juru bicara Cathay Pacific, Carolyn Leung, kepada AFP, saat mengonfirmasi satu laporan yang disiarkan South China Morning Post, mengatakan bahwa semua toilet di pesawat Airbus A330 dan A340 milik perusahaan penerbangan Hongkong itu macet dalam tiga kejadian terpisah selama 11 hari belakangan.

Pada 17 November, sebuah pesawat dari Riyadh, Arab Saudi, menuju Hongkong yang membawa 278 penumpang dipaksa mengalihkan jalur penerbangan ke Mumbai, India, ketika awak kabin mendapati bahwa tidak satu pun dari 10 toilet di pesawat itu yang lancar. Hal itu terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas. Pengalihan yang tak dapat dielakkan tersebut mengakibatkan penundaan 18 jam pada pesawat yang seharusnya menjalani jadwal penerbangan delapan jam itu.

Sebanyak dua pesawat lain yang mengalami nasib toilet macet adalah pesawat dari Roma menuju Hongkong pada 9 November dan dari Dubai di Uni Emirat Arab menuju Hongkong pada 19 November. Dalam kedua kasus itu, jumlah penumpang harus dibatasi menjadi kurang dari 240 orang ketika didapati bahwa hanya toilet di satu sisi pesawat yang berfungsi. Hal ini pun juga terjadi sebelum lepas-landas.

Penyebab pasti macetnya toilet tersebut belum diketahui. Namun, juru bicara Cathay memperkirakan, penumpang mungkin ikut bertanggung jawab. "Anda pasti akan terheran-heran terhadap apa yang kami temukan di pipa saluran ketika kami membersihkan sistem itu. Bukan hanya handuk muka, tetapi juga botol obat, kaus kaki, bahan pakaian, bahkan boneka," kata Leung.

Perusahaan penerbangan tersebut menyatakan telah berkonsultasi dengan Airbus mengenai masalah itu, dan para teknisinya sekarang sedang memasang pipa baru serta melakukan perawatan pembersihan yang mendalam pada semua toilet pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com