Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Menyalak di Irak, 16 Orang Tewas

Kompas.com - 07/10/2009, 01:34 WIB

FALLUJAH, KOMPAS.com-Bom mobil di luar sebuah masjid Sunni dekat kota Fallujah di Irak barat menewaskan 16 orang dan melukai 30 orang, Selasa sekitar waktu shalat Isya, kata seorang dokter.

Serangan itu terjadi di Amiriyeh, 15 Km di baratdaya Fallujah, jelas dokter dari rumah sakit di kota tersebut.

Situasi keamanan di Fallujah -- yang terletak di provinsi Anbar di barat Baghdad dan pernah menjadi markas besar gerilya Arab Sunni -- meningkat secara dramatis dalam beberapa bulan belakangan ketika serangan menurun secara nasional.

Bagaimanapun, kekerasan sporadis masih mengganggu Anbar, provinsi terbesar Irak, yang merupakan tempat perang brutal setelah serangan pimpinan-AS 2003, sebagian besar di Fallujah dan ibukota provinsi Anbar, Ramadi.

Pada Senin, pemboman bunuh diri pada satu pemakaman di Haditha, satu dari beberapa kota di sepanjang lembah Eufrat yang juga menjadi markas Al Qaeda setelah invasi tersebut, menewaskan lima orang.

Sejak 2006, bagaimanapun, suku Sunni setempat telah berpihak pada militer AS dan kekerasan berkurang di Anbar ketika para petempur gerilyawan keluar dari wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com