Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freddy Numberi Dapat Izin Naik USS George Washington

Kompas.com - 18/08/2009, 10:36 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi memperoleh izin dari Pemerintah Amerika Serikat untuk mengunjungi Kapal Induk USS George Washington. Hal ini diungkapkan Asisten Intelijen Lantamal VIII Suhartono di Manado, Selasa (18/8).

"Kapal induk AS itu sudah berada di perairan Sulawesi Utara, hanya saja izin mengunjungi dibatasi. Pemberian manifes dari Pemerintah AS hanya dizinkan 20 orang, itu sangat terbatas," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa pejabat lain yang diizinkan, yaitu Danlatamal VIII Manado Willem Rampangiley, Kapolda Sulut Bekto Suprapto, anggota DPR Yoris Raweyai, dan sejumlah wartawan.

Menurut dia, Kapal Induk USS George Washington itu akan menyemarakkan event Internasional Sail Bunaken di Teluk Manado sekaligus mengirimkan sejumlah pesawat tempur pada Sailing dan Flying Pass, 19 Agustus 2009.

Sementara itu, Panglima Laut AS Garry Roughead mengatakan, kedatangan USS George Washington yang diketahui Presiden Barack Obama itu merupakan penghargaan tersendiri bisa memeriahkan parade kapal perang di Indonesia.

Kapal ini menampung 4.500 personel yang mengoperasikan berbagai sistem dan subsistem, termasuk teknisi, pakar pesawat tempur, pakar helikopter, dan pakar transportasi. "Ada sebanyak 75 pesawat di geladak kapal induk itu dan merupakan kota kecil AS di tengah laut pasifik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com