Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Koyak Restoran, 6 Orang Tewas

Kompas.com - 17/08/2009, 04:03 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com-Sedikitnya enam orang tewas dalam dua ledakan bom di sebuah restoran terkenal di daerah mayoritas Syiah di Baghdad timur, Minggu (16/8).

Sekitar 18 orang juga terluka ketika kedua bom itu, yang dipasang di dalam dan di luar restoran tersebut, meledak hampir bersamaan.

Sementara itu, dalam serangan terpisah, seorang politikus dari komunitas kecil Shabak dan dua pembantunya terluka akibat ledakan bom pinggir jalan di kota utama Mosul, Irak utara, hampir sepekan setelah dua bom truk yang ditujukan pada kelompok masyarakat tersebut menewaskan 34 orang di sebuah desa berdekatan Khaznah.

Rangkaian pemboman sejak pasukan AS ditarik dari kota-kota di Irak pada akhir Juni telah menimbulkan pertanyaan mengenai kemampuan pasukan keamanan Irak untuk melindungi penduduk dari serangan-serangan gerilya seperti kelompok militan Sunni Al Qaeda.

Pemboman di Baghdad dan di dekat kota bergolak Mosul tampaknya bertujuan mengobarkan lagi kekerasan sektarian mematikan antara orang-orang Sunni dan Syiah yang membawa Irak ke ambang perang saudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com