Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kehadiran Jacko bagi Sejumlah Selebriti

Kompas.com - 08/07/2009, 03:42 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Peti jenazah Michael Jackson diletakkan tepat di depan panggung dari upacara penghormatan terakhir terhadap bintang legendaris pop ini di arena Staples Center. Beberapa kakak Jacko mengangkat peti jenazah bintang ini ke depan panggung saat kelompok paduan suara Andrae Crouch mengiringi dengan lagu "Soon and Very Soon."

Seirama dengan diletakkannya peti jenazah itu di arena Staples Center, berbagai lagu dan pidato dari beberapa selebriti dipersembahkan sebagai penghormatan terakhir terhadap Jacko.

"Semakin kupikirkan dan bicarakan Michael Jackson, aku merasa King of Pop itu merasa tidak cukup besar dari dirinya sendiri," ucap Berry Gordy seraya disambut oleh kerumunan yang berdiri dan bertepuk tangan. "Saya berpendapat dialah satu-satunya entertainer terbesar yang pernah ada," ujar pendiri Motown Records itu.

Gordy mengenang bagaimana ia memberikan audisi bagi Jackson 5 pada 1968 saat Jacko yang saat itu berusia 10 tahun memiliki talenta yang melebih usianya. "Ia dimotivasi oleh kehausannya untuk belajar, secara konstan mengembangkan diri serta menjadi terbaik. Ia belajar menjadi orang besar dan terus menjadi lebih besar," ujar Gordy.
 
Mariah Carey bersama Trey Lorenz menyanyikan hit The Jackson 5 pada 1970 "I'll Be there" saat montase foto Michael Jackson bermunculan di layar arena. Ratu Latifah berkesempatan menyampaikan pidato penghormatannya dengan menyatakan "Michael adalah bintang terbesar di bumi."

Kemudian Lionel Richie  membawakan lagu "Jesus is Love." Stevie Wonder juga berkesempatan hadir di panggung dengan memainkan keyboard.

"Ini merupakan momen yang kuharapkan tidak ingin kuhampiri, tetapi lebih dari apa yang dapat kusampaikan, aku menyadari bahwa Tuhan baik," kata Wonder. "Dan aku benar-benar mengetahui bahwa sejauh yang kita rasakan dan alami, kita memerlukan Michael bersama kita, Tuhan mungkin lebih memerlukannya," ujarnya.

Wonder kemudian membawakan versi dari lagunya pada 1971 "Never Dreamed You'd Leave in Summer" dengan penuh emosional. Bintang basket Kobe Bryant dan Magic Johnson juga berkesempatan menyampaikan pidato penghormatan terhadap Jacko. Sementara penyanyi Jennifer Hudson menggunakan kesempatakan penghormatan terakhir itu dengan menyanyi lagu Jacko "Will You Be There."

Pendeta Al Sharpton juga mendapat kesempatan menyampaikan pidatonya di hadapan kerumunan orang di Staples Center dan membicarakan kontribusi Jacko di dunia musik.

"Saat Michael memulainya, dunia tampak berbeda, tetapi karena Michael terus melanjutkannya, karena dia tidak menerima batasan, karena ia menolak untuk membiarkan orang lain memutuskan batasan dirinya, ia membuka seluruh dunia ini pada dunia musik," kata Sharpton. Sharpton juga menyampaikan pidato terhadap anak-anak Jacko.

"Tidak ada yang aneh dari ayah kalian, katanya. "Yang aneh adalah apa yang dihadapinya tetapi ia tetap menghadapinya."

Penyanyi John Mayer kemudian membawakan lagu Jacko "Human Nature."

Brooke Shields yang berusia 13 tahun saat bersahabat akrab dengan Jacko menyatakan ikatan persahabatan yang mereka jalin terbentuk karena mereka memahami apa rasanya menjadi sorotan publik mulai dari usia yang sangat-sangat muda.

Proses penghormatan terakhir terhadap Jacko tidak lepas dari linangan air mata saat kakak Jacko, Jermaine, membawakan lagu favorit adiknya itu, "Smile." Setelah berjuang untuk tidak menangis dengan membawakan lagu itu, Jermaine dipeluk oleh beberapa saudaranya saat beranjak meninggalkan panggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com