Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tangga AS Butuh 15 Tahun untuk Pulih dari Resesi

Kompas.com - 23/06/2009, 13:38 WIB

WASHINGTON,KOMPAS.com - Rumah tangga AS kemungkinan akan membutuhkan waktu tak kurang dari 15 tahun untuk membangun kembali kesejahteraan yang menguap lantaran resesi. Hal ini ditegaskan oleh Professor Edmund Phelps dari Columbia University yang memenangi Nobel Prize di bidang ekonomi tahun 2006.

"Satu-satunya cara untuk sehat kembali adalah dengan pemulihan dalam waktu yang cukup lama, melibatkan rumah tangga untuk membangun kembali neraca keuangan mereka dan juga melibatkan perusahaan yang bermasalah untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka," katanya. Menurutnya, tak ada obat mujarab yang langsung membuat kita kembali pada kondisi semula dalam waktu yang cepat.

Kekayaan rumah tangga AS anjlok sebesar 1,3 triliun dollar AS dalam kuartal pertama tahun ini; dengan kekayaan bersih rumah tangga dan kelompok nirlaba juga menciut ke level yang paling rendah sejak 2004. Data ini dibeberkan oleh The Fed, 11 Juni silam. Sementara itu, kekayaan menyusut sebesar 4,9 triliun dollar AS pada kuartal terakhir tahun lalu.

Phelps mengatakan bahwa pemulihan perekonomian tidak akan terjadi hingga produsen menyusutkan persediaan mereka.

Phelps memprediksi tingkat pengangguran akan stabil di level 7 persen dalam waktu tiga hingga lima  tahun ke depan. Per Mei lalu, pengangguran AS menyentuh level yang paling tinggi dalam 25 tahun, yaitu 9,4 persen. (Femi Adi Soempeno/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com