Penilaian Obama terhadap Peran D-Day dalam Sejarah

Kompas.com - 07/06/2009, 03:52 WIB
Editor

COLLEVILLE SUR MER, KOMPAS.com - Pasukan Sekutu yang berani pada D-Day mengubah alur sejarah abad 20. Penilaian itu disampaikan oleh Presiden AS Barack Obama, Sabtu (6/6), saat ia menghadiri acara peringatan yang menandai ulang tahun ke-65 peristiwa tersebut.
    
"Teman dan veteran, apa yang tak dapat kita lupakan -- apa yang tak boleh kita lupakan-- ialah D-Day adalah suatu waktu dan tempat keberanian dan sifat yang tak mementingkan diri sendiri segelintir orang mampu mengubah jalur seluruh abad ini," kata Obama di pemakaman perang Amerika di Colleville-sur-Mer yang menjorok di atas pantai Omaha.
    
"Dalam satu jam penuh bahaya, di tengah saat paling hitam, beberapa pria yang mengira mereka adalah orang biasa memiliki dorongan dari dalam diri mereka untuk melakukan perbuatan yang luar biasa," katanya.
    
Obama mengatakan pendaratan pasukan Inggris, Kanada dan Amerika di pantai Normandia telah mengubah gelombang Perang Dunia II guna membebaskan Eropa Barat dari cengkeraman Jerman Nazi. "Saat itu tak diketahui, tapi demikian banyak kemajuan yang akan menetapkan abad 20, di kedua sisi Atlantik, turun guna berperang di sekelumit pantai hanya enam mil panjangnya dan dua mil lebarnya," katanya.
    
"Tetapi, kemenangan di sini menjamin pijakan di Prancis. Itu membuka jalan menuju Berlin. Dan itu memungkinkan perolehan yang mengikuti pembebasan Eropa: Marshall Plan, persekutuan NATO, dan keamanan serta kemakmuran yang dibagi yang mengalir dari masing-masing wilayah."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X