Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Perangi Flu Babi

Kompas.com - 30/04/2009, 10:10 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Rabu (29/4), mengatakan, pemerintahannya tengah melakukan persiapan dan pencegahan sebaik mungkin untuk mengantisipasi flu babi (H1N1).

"Kami terus memantau secara saksama kasus virus flu H1N1 yang muncul di seluruh Amerika Serikat," kata Obama dalam pidato yang disiapkannya dalam rangka 100 hari masa jabatannya.

"Sebagaimana saya katakan pagi ini, ini tentu saja merupakan situasi yang sangat serius dan setiap orang Amerika mesti mengetahui bahwa pemerintah mereka melakukan persiapan dan pencegahan sebaik mungkin," kata Obama.

Sementara itu, di Bay Area, San Francisco, dua sekolah ditutup selama satu pekan mulai Rabu setelah kasus flu babi ditemukan. Seorang siswa di Branham High School di San Jose, Santa Clara County, diperiksa untuk mengetahui kemungkinan terserang flu babi sehingga para pejabat menutup sekolah itu sampai 5 Mei, lapor San Jose Mercury News.

"Semua kegiatan belajar-mengajar telah dibatalkan," kata Branham High School dalam satu pernyataan singkat yang disiarkan di laman internetnya, yang menyatakan sekolah itu ditutup menyusul panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sekolah Dasar Highlands di Pittsburg, Contra Costa County, juga ditutup pada Rabu setelah tiga siswa diperiksa positif tertular flu babi. SD itu menyatakan, 13 siswa dari kelas empat di sekolah itu melaporkan gejala pada Selasa. Pemeriksaan mengenai semua siswa yang terpengaruh memperlihatkan bahwa tiga contoh "barang kali positif" flu babi.

Sementara flu babi menyebar ke sedikitnya 10 negara bagian di AS Rabu, pemerintah menyarankan semua sekolah ditutup sementara sebagai pencegahan. Semua sekolah yang dikonfirmasi atau diduga memiliki kasus flu babi mesti dengan kuat mempertimbangkan penutupan sementara sehingga kita dapat seaman mungkin, kata Obama.

Obama juga menyatakan, negaranya berhasil lepas landas dengan baik 100 hari pertama masa jabatannya. "Jadi, kita lepas landas dengan baik. Namun, itu hanya permulaan. Saya bangga dengan apa yang telah kami capai, tapi saya tidak puas. Saya gembira dengan kemajuan kami, tapi saya tidak puas," kata Obama. Pada 29 April adalah tepat hari ke-100 Obama memangku jabatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com