Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Mati-matian Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Kompas.com - 23/04/2009, 09:33 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengatakan, prioritas pemerintahan Presiden Barack Obama adalah mencegah Iran supaya jangan memiliki senjata nuklir.

Dalam keterangan di hadapan Komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika, Rabu (22/4), Hillary mengatakan dengan melibatkan Iran secara diplomatik, Amerika berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengupayakan sanksi yang lebih keras jika diperlukan.

Iran mengatakan, program nuklirnya untuk tujuan sipil. Namun, Amerika dan sekutu-sekutu Barat-nya menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir. Amerika pun akan mati-matian mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Juga dalam keterangannya itu, Hillary mengungkapkan keprihatinan terhadap situasi di Pakistan, dan mengatakan, para teroris yang semakin kuat di negara yang memiliki senjata nuklir itu merupakan ancaman maut bagi Amerika dan dunia.

Ia mengatakan tujuan penting strategi antiteroris Presiden Barack Obama adalah mengalahkan Al Qaeda dan mencegah kelompok teroris itu kembali ke tempat-tempat perlindungan mereka di Afganistan atau Pakistan. Hillary mengatakan masyarakat internasional bekerjasama mengatasi ekstremisme di kedua negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com