Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksa Agung AS ke Guantanamo

Kompas.com - 24/02/2009, 07:47 WIB

WASHINGTON, SELASA — Jaksa Agung baru Amerika Serikat, Eric Holder, mengunjungi Teluk Guantanamo, lawatan pertamanya ke kamp penahanan di Kuba itu.

Holder diberi penjelasan mengenai para tahanan dan dakwaan yang mereka hadapi sebelum berbagai pengadilan militer atas mereka dihentikan bulan lalu.

Holder juga meninjau kembali kasus-kasus sekitar 250 tahanan yang masih berada di penjara itu, menyusul perintah Presiden AS Barack Obama untuk menutup kamp penahanan tersebut dalam waktu setahun.

Sementara itu, seorang bekas tahanan Guantanamo dari Inggris kembali ke negaranya pada hari yang sama. Warga Inggris kelahiran Etiopia itu, Binyam Mohamed (30), ditahan di Guantanamo selama lebih dari empat tahun dan mengaku dianiaya. Dia adalah tahanan Guantanamo pertama yang dibebaskan oleh Pemerintah Amerika yang baru.

Holder melakukan kunjungan itu jauh dari sorotan media massa, demikian menurut wartawan BBC di Washington, James Coomarasamy. Kunjungan tersebut dilakukan saat pemerintahan Obama meninjau kembali implikasi hukum, praktik, dan keamanan sehubungan dengan janji Obama untuk menutup Guantanamo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com