Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kapal Selam Nuklir Bertabrakan di Atlantik

Kompas.com - 16/02/2009, 11:17 WIB

LONDON, SENIN — Kapal selam Inggris dan Perancis, yang keduanya menggunakan bahan bakar nuklir dan mengangkut senjata-senjata nuklir, bertabrakan di Lautan Atlantik pada awal bulan ini, kata tabloid Sun dalam laporannya, Senin (16/2).
  
Tabloid tersebut mengatakan, HMS Vanguard dan kapal selam Perancis Le Triomphant, keduanya mengalami kerusakan dalam kecelakaan tersebut. Namun, tidak ada laporan-laporan mengenai kerusakan pada bagian-bagian nuklirnya.

Kapal selam Inggris tersebut sekarang sedang ditarik ke Faslane di Skotlandia untuk diperbaiki.

Kedua kapal itu, masing-masing sedang membawa sekitar 250 pelaut, dilaporkan berada di bawah permukaan laut dan sedang melaksanakan misi-misi yang berlainan ketika mereka bertabrakan pada 3 atau 4 Februari.

Kementerian pertahanan Inggris menolak memberikan komentar mengenai operasi-operasi yang dilakukan kapal selam itu, tetapi mengatakan, "Kami bisa membenarkan bahwa kemampuan alat penangkis kapal tersebut lama tidak berfungsi dan tidak ada kompromi untuk keamanan nuklir."
  
HMS Vanguard adalah salah satu dari empat kapal selam nuklir yang dioperasikan oleh militer Inggris, sebagai bagian dari sistem Tridentnya, yang seringkali digunakan untuk patroli.
  
Kedua kapal itu masing-masing berukuran panjang 150 meter dan lebar 13 meter, serta bisa mengangkut sampai 48 hulu-ledak nuklir untuk paling banyak 16 rudal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com