Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda Berbisnis, Mengapa Tidak?

Kompas.com - 05/02/2009, 13:55 WIB

JAKARTA, KAMIS — Banyak yang menyangka bisnis hanya untuk orang-orang yang telah menginjak usia matang dan kenyang pengalaman. Namun, anggapan itu sudah tak laku lagi sekarang. Jika memiliki ide cemerlang, banyak institusi pemerintahan dan perusahaan besar yang dapat memfasilitasinya.

Vice President Director of Business Development PT Shell Indonesia Wally Saleh mengatakan, sebenarnya banyak peluang bisnis yang bisa diintip oleh generasi muda dan kreativitas untuk mengembangkannya harus terus diadu untuk dapat terus berkembang. "Ini akan sangat menunjang masalah-masalah nasional, seperti lapangan kerja yang biasanya sangat terbatas," ujar Wally dalam keterangan pers Shell Livewire Business Start-up Awards 2009 di Jakarta, Kamis (5/2).

Sejumlah ide atau gagasan cemerlang bisa diadu dalam sejumlah kompetisi bisnis yang diadakan oleh institusi pemerintah ataupun perusahaan besar, seperti yang dilakukan Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Menpora RI atau PT Shell Indonesia. Shell kembali menggelar Shell Livewire Business Start-up Awards 2009 untuk mencari wirausaha muda pemula dengan rentang umur 18-32 tahun yang berpotensi untuk dikembangkan bisnisnya.

Selain hadiah, Shell juga memberikan pelatihan dan mentoring untuk membantu mengembangkan usaha para pemuda tersebut. Tahun lalu ajang kompetisi ini menelurkan sembilan pengusaha muda dengan beragam bisnis baru, di antaranya Helmiat dengan alat bonceng bocah dan Rizky dengan beras organik dalam program Green Health Agriculture.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com