Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tugaskan Hillary Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 05/02/2009, 12:11 WIB

Laporan wartawan Kompas Suhartono dari Washington DC

WASHINGTON, KAMIS — Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton diminta oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk menambah kunjungan luar negerinya yang pertama ke Indonesia di antara kunjungannya ke kawasan Asia.

Saat Menlu AS Hillary Clinton memutuskan untuk mengunjungi Jepang, China, dan Korea, Presiden Obama juga meminta Hillary mengunjungi Indonesia.

Instruksi Obama kepada menlunya itu disampaikan Wapres AS Joe Biden saat bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla di West Wing Gedung Putih, Rabu sore waktu setempat, atau Kamis (5/2) pagi waktu Indonesia.

Penuturan Wapres Biden disampaikan kembali oleh Wapres Kalla saat ditanya pers ketika menunggu Direktur Intelijen Nasional AS Dennis Blair di Grand Hyatt Hotel, Washington, pada waktu yang sama.

"Jadi Presiden Obama minta ditambahkan kunjungan pertama Menlu AS juga ke Indonesia. Padahal waktu itu, Menlu AS hanya merencanakan berkunjung ke China, Jepang, dan Korea Selatan. Saat Menlu AS melapor, Presiden Obama meminta Indonesia juga (dikunjungi)," ungkap Wapres Kalla.

Menurut Jusuf Kalla, ini artinya Indonesia memiliki arti sangat penting bagi Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com