Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Negara Puji Diplomasi Obama soal Iran

Kompas.com - 05/02/2009, 10:05 WIB

BERLIN, KAMIS — Para diplomat dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman, Rabu (4/2), memuji diplomasi pemerintahan baru AS di bawah Presiden Barack Obama soal Iran.

Dalam pernyataan bersama, mereka menyambut baik tawaran Obama untuk berbicara langsung dengan pemimpin Iran mengenai program nuklirnya. Obama juga menegaskan, percekcokan itu mesti diselesaikan secara diplomatik.

Delegasi keenam negara tersebut, termasuk Inggris, China, Perancis, Rusia, AS, dan Jerman, Rabu, menyelenggarakan pertemuan di Wiesbaden di dekat kota Frankfurt, Jerman, guna membahas masalah nuklir Iran.

Keenam negara itu akan berkonsultasi mengenai langkah berikutnya saat Pemerintah AS melaksanakan kajian kebijakan. Demikian isi pernyataan bersama tersebut yang mendesak Iran agar bekerja sama secara penuh dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Pertemuan tersebut dijadwalkan sebelum Iran, Senin malam, berhasil meluncurkan satelit ke dalam orbit. Peluncuran itu menimbulkan keprihatinan di kalangan pejabat pemerintah di Eropa, AS, dan Israel. Mereka cemas Iran mungkin menghubungkan program satelitnya dengan teknologi nuklir dan kegiatan rudalnya.

Keenam negara itu menawarkan kepada Iran satu paket insentif ekonomi dan energi sebagai imbalan bagi penghentian program pengayaan uranium.

AS dan sekutunya menuduh Iran memanfaatkan program tersebut sebagai kedok guna mengembangkan senjata nuklir. Pada saat yang sama, Dewan Keamanan menjatuhkan sanksi guna menekan Iran agar patuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com