Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Pilih Mantan Orang Clinton Pimpin CIA

Kompas.com - 06/01/2009, 08:49 WIB

WASHINGTON, SENIN — Presiden AS terpilih, Barack Obama, memilih Leon Panetta yang adalah Kepala Staf Gedung Putih pada masa Presiden Bill Clinton untuk memimpin Badan Intelijen Pusat (CIA).

Pilihan atas Panetta merupakan salah satu pencalonan besar terakhir bagi pemerintahan Obama yang akan datang yang akan mengambil alih jabatan dari Presiden George W Bush pada 20 Januari.

Di luar tugasnya di Gedung Putih, tempat ia menjabat antara 1994 dan 1997, Panetta relatif memiliki sedikit pengalaman dalam urusan keamanan nasional.

Ia adalah anggota Kelompok Studi Irak, komisi bipartisan yang ditugasi untuk memeriksa cara untuk mengakhiri perang Irak. Rekomendasinya bagi penarikan tentara bertahap sebagian besar diabaikan oleh pemerintahan Bush yang malah memilih untuk meningkatkan kehadiran militer AS di Irak.

Sebelum bergabung dengan Gedung Putih, ia memimpin sebuah pusat kebijakan publik di Universitas Negeri California, Monterey. Ia juga mengabdi di beberapa jabatan lain dalam jaringan universitas negeri California. Ia juga duduk di sejumlah perusahaan dan badan tidak mencari keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com