Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Din: Obama Buktikan Janjimu!

Kompas.com - 01/01/2009, 21:57 WIB

JAKARTA, KAMIS- Gencarnya agresi militer yang dilakukan tentara Israel terhadap warga Palestina membuat Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin geram. Dia lantas mengajak serta mengingatkan presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama, untuk membuktikan janjinya.

"Saya meminta kepada Presiden Amerika terpilih, untuk tidak lupa akan janji yang pernah diucapkannya selama kampanye, menciptakan perdamaian dunia. Inilah saat yang tepat untuk membuktikan janji tersebut, dengan bereaksi terhadap serangan Israel yang dilakukan kepada rakyat Palestina," ujar Din di kediamannya di Jakarta, Kamis (1/1).

Din berharap, Obama tidak berdiam diri serta menutup mata dengan ulah yang dilakukan sekutunya tersebut. "Sebab sebagai salah satu negara adidaya di dunia, Amerika punya peran penting dalam menyikapi kasus ini. Sebab kalau hanya sekadar resolusi PBB, rasanya kurang efektif. Karena nyatanya, Israel sudah sering melanggar resolusi PBB untuk berdamai dengan Palestina," lanjutnya.

Untuk pemerintah Indonesia, Din menghimbau tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, sebelum Palestina berdaulat penuh. "Jangan sampai ada hubungan diplomatik, sebelum ada perdamaian sejati Israel-Palestina. Sebab dalam pembukaan UUD 1945, Indonesia turut serta dalam menciptakan kedamaian dunia," tutur Din.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com