Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery dan Chrysler Bubar Jalan

Kompas.com - 09/12/2008, 15:00 WIB

SHANGHAI, SENIN - Produsen otomotif raksasa AS, Chrysler mengakhiri pembicaran kerja sama dengan produsen mobil independen terbesar di China, Chery Automotive Co., terkait dengan melambannya perekonomian dunia, kata perusahaan China itu, Selasa (9/12).
    
Chrysler dan Chery berencana untuk memproduksi mobil kecil di China, terutama untuk pasar AS dan lainnya. Mobil pertama mereka diharapkan bisa mulai dijual di AS tahun depan berdasarkan kesepakatan yang diumumkan Juli 2007.
    
"Setelah lebih dari setahun, perekonomian dunia kembali anjlok dan pasar berubah secara substansial," kata juru bicara Chery Jin Yibo dari kantor pusat perusahaan di Timur provinsi Anhui.
   
"Ada beberapa perubahan dan evolusi di kedua perusahaan. Kami memutuskan melakukan yang lebih baik bagi kedua pihak untuk mengembangkan secara independen," kata Jin.
   
Pembicaraan secara resmi dihentikan Senin (8/12), kata Jin. Dia menambahkan Chery tidak memiliki rencana untuk membeli aset raksasa otomotif AS itu.
    
Sementara itu, pejabat Chrysler sampai kini tidak bersedia memberikan komentar.
    
Chrysler, produsen otomotif terbesar ketiga di AS, bersama General Motors dan Ford meminta pemerintah memberi bantuan yang menurut mereka diperlukan untuk menangguhkan "kejatuhan yang merupakan bencana besar" bagi industri otomotif AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com