Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Redakan Ketegangan India-Pakistan

Kompas.com - 03/12/2008, 18:04 WIB

ISLAMABAD, RABU - Menlu AS Condoleezza Rice akan melakukan kunjungan singkat ke Islamabad, Pakistan, Kamis (4/12), dalam usaha meredakan ketegangan antara India dan Pakistan setelah serangan-serangan di Mumbai pekan lalu. Demikian dikatakan seorang pejabat Pakistan, Rabu (3/12).

"Dia akan berada di Pakistan sekitar lima sampai enam jam. Ia akan melakukan pertemuan dengan para pemimpin politik penting, termasuk perdana menteri dan menteri luar negeri," kata seorang juru bicara Kemlu Pakistan itu. Rice akan berangkat dari New Delhi, India, setelah bertemu dengan para pemimpin India, Rabu (3/12), sehubungan dengan insiden yang menewaskan 188 orang itu.

Polisi India menuduh kelompok garis keras Muslim yang berpangkalan di Pakistan terlibat serangan itu sehingga membuat hubungan kedua negara yang memiliki senjata nuklir itu tegang. Para pejabat militer Pakistan akhir pekan lalu memperingatkan bahwa mereka akan menarik pasukan dari perbatasan barat dengan Afghanistan dan menggelar mereka di perbatasan timur dengan India jika mereka merasa terancam.

Penarikan pasukan Pakistan dari wilayah suku itu, di mana mereka sedang memerangi gerilyawan Taliban dan Al Qaidah yang melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap pasukan internasional di Afghanistan, akan merumitkan usaha-usaha pasukan internasional yang dipimpin AS. AS meningkatkan diplomasinya untuk menenangkan India dan meningkatkan tekanan terhadap Pakistan untuk bekerja sama dalam penyelidikan serangan di Mumbai itu.

Ketua Gabungan Kepala-Kepala Staf AS Laksamana Michael Mullen telah tiba di Pakistan, Rabu (3/12), untuk kunjungan dua hari. Ia diperkirakan akan bertemu dengan panglima militer Pakistan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani dan para pejabat lainnya untuk membicarakan keamanan perbatasan.*

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com