Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relasi India-Pakistan Memburuk

Kompas.com - 02/12/2008, 05:48 WIB

NEW DELHI, SENIN - Serangan teroris ke Mumbai, India, yang terjadi hari Rabu hingga Jumat lalu telah memperburuk relasi dua negara tetangga di Asia Selatan, India dan Pakistan.

”Serangan teroris itu kemunduran pada proses normalisasi dalam hubungan antara India dan Pakistan karena semua pelaku berasal dari Pakistan,” kata Menteri Negara Urusan Eksternal India Anand Sharma di New Delhi, Senin (1/12).

Pernyataan Sharma itu senada dengan tekad partai berkuasa India, Partai Kongres, untuk mengambil tindakan tegas pada Pakistan. Juru bicara partai, Jayanti Natarajan, menegaskan, pihaknya akan mengirim pesan tegas kepada Pakistan terkait dengan serangan dari wilayah Pakistan itu. Namun, Jayanti tak menjelaskan lebih lanjut tindakan tegas India itu.

Sharma menegaskan kembali agar para pemimpin Pakistan kali ini harus memenuhi janji bahwa Pakistan tidak akan lagi membiarkan wilayahnya dipakai untuk menyerang India.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari langsung meminta India untuk tidak menghukum negaranya segera setelah India menuding Pakistan terlibat dalam serangan di Mumbai. Harian Financial Times, mengutip Zardari, menyebutkan, kelompok bersenjata punya kekuatan memicu perang di kawasan regional. Zardari juga mengingatkan, ada upaya provokator yang memicu perang kedua negara tetangga yang sama-sama memiliki senjata nuklir itu.

”Kita hidup di masa-masa sulit. Banyak provokator yang juga pernah membuat kita berperang dulu. Kita tetap harus bekerja sama melawan ini,” kata Zardari.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengajak pemimpin politik mengembangkan ”kebijakan konsensus nasional” khusus terhadap India. Pakistan berjanji membantu India dalam penyelidikan serangan Mumbai. Salah satu rencananya adalah dengan mengirim kepala badan intelijen Pakistan ke India.

Pakistan dan India pernah terlibat dalam tiga perang sengit, bahkan nyaris terjadi perang yang keempat kalinya tahun 2001 saat terjadi serangan di parlemen India. Ketika itu India juga menuding Pakistan terlibat.

AS khawatir

Pakistan pernah mengingatkan, jika ketegangan dengan India meningkat, Pakistan akan memindahkan pasukannya dari perbatasan Afganistan ke perbatasan India. Ketegangan hubungan India-Pakistan seperti itu yang dikhawatirkan oleh Pemerintah AS. Jika hubungan dua negara sekutu AS itu memburuk, berbagai upaya AS melawan kelompok Taliban di Afganistan dan Al Qaeda akan terganggu, bahkan gagal total. (REUTERS/AFP/AP/LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com