Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Torpedo Kapal Selam Tersangkut Jaring Nelayan

Kompas.com - 11/11/2008, 03:54 WIB

MAKASSAR, SENIN - Sebuah benda dengan bentuk mirip roket yang diduga senjata torpedo kapal selam militer ditemukan di sekitar Perairan Samalona, Makassar, Senin (10/10). Penemuan tersebut sempat menggegerkan para nelayan dan warga karena khawatir masih aktif.

Benda tersebut ditemukan Patahuddin (47), seorang nelayan yang tinggal di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. Ia mengatakan, saat ia sedang membentangkan jalanya di perairan Samalona, tidak mengetahui jika sebuah torpedo ikut dalam jala ikannya.

"Saya tidak tahu kalau ada roket karena saya tiap harinya selalu berkeliling mencari ikan. Saya juga sudah sering melewati dan mencari ikan di sekitar perairan Pulau Samalona ini namun tidak
pernah menemukan yang seperti ini," katanya.

Lelaki paruh baya ini mengira jika benda berat yang tersangkut  di jaringnya adalah hasil tangkapan ikan. Ia tidak mengira jika benda yang berat itu adalah misil torpedo dan bukan ikan.
Setelah melihat benda yang berukuran lebih satu meter itu, pihaknya beserta enam orang anak buahnya kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Mapolresta Makassar Barat.

Aparat kepolisian yang turun ke lokasi melihat penemuan enam nelayan tersebut langsung berkoordinasi dengan tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Polda Sulsel. Tim Jihandak yang turun mengamankan benda tersebut dan membawanya ke laboratorium forensik (Labfor) untuk mengetahui misil itu masih aktif atau tidak.

Kasat Reskrim Polresta Makassar Barat, AKP Ronald Sumigar yang dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan roket yang ditemukan oleh enam orang nelayan tersebut. "Untuk penelitian lebih lanjut, Tim Jihandak Polda akan melakukan pemeriksaan terhadap roket tersebut apakah masih aktif atau tidak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com