Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Diperluas Demi Obama

Kompas.com - 19/10/2008, 21:24 WIB

 
NYANZA,MINGGU-Anggota parlemen Kenya menyerukan bandara di belahan barat negara Afrika itu agar diperluas untuk bisa menampung pesawat Air Force One untuk mengantisipasi Barack Obama terpilih sebagai presiden Amerika.

Ayah Obama lahir di Provinsi Nyanza, Kenya, dan para anggota parlemen negara itu mengatakan, bandara Kisumu di kawasan itu seyogyanya diperluas untuk mengantisipasi jika Obama ingin berkunjung.

Obama, yang saat ini Senator Negara Bagian Illinois, tidak ubahnya pahlawan lokal di tanah kelahiran ayahnya. Bahkan, salah satu bir buatan lokal dinamai Obama. Obama tidak pernah bermukim di Kenya dan dia baru tiga kali berkunjung ke tanah leluhurnya.

Para anggota parlemen dari Provinsi Nyanza mengatakan, Obama yang merupakan capres Partai Demokrat jelas akan terpilih sebagai presiden, lapor koran Nairobi Star. Obama akan bersaing dengan Capres Republik John McCain dalam pemilihan presiden 4 November.

Ayah Obama berasal dari Desa Alego-Kogello yang berada 60km dari Kisumu. Anggota parlemen dari Kota Kisumu Aluoch Olago mengatakan kepada parlemen bahwa menangguh-nangguhkan perluasan bandara sangat merisaukan, lapor Nairobi Star.

Menteri Perhubungan Chirau Mwakwere mengatakan, rencana ekspansi bandara itu terlambat dari jadwal, dan diperkirakan rampung sebelum Juli tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com