Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Terkadang Kehilangan Kesadaran

Kompas.com - 14/09/2008, 22:13 WIB

TOKYO, MINGGU -  Ditengah-tengah laporan baru-baru ini bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Il jatuh pingsan dan sedang dalam tahap penyembuhan dari stroke atau pendarahan otak besar, sebuah harian Jepang, Minggu (14/9), melaporkan bahwa Kim kadang-kadang hilang kesadaran sejak April tahun ini.

Menurut Mainichi Shimbun, Kim terkadang jatuh pingsan di mejanya dan tidak dapat melakukan urusan-urusan penting Partai Buruh sebagaimana mestinya. Mengutip seorang pejabat China yang berhubungan dengan masalah Korea Utara, harian itu mengatakan bahwa penyakit Kim menjadi cukup serius pada musim panas tahun lalu ketika sejumlah organ vitalnya, termasuk ginjal dan jantung, mulai menunjukkan gejala tidak normal.

Kim, yang dikenal suka bekerja melebihi batas waktu, tidak dapat bekerja lembur sejak Mei dan Juni, ketika kondisinya menjadi lebih serius. Ketika para pejabat mulai menyadari jika pemimpin Korea Utara itu acapkali hilang kesadaran sejak April, tugas-tugasnya mulai dikurangi. Kim fokus menjalani proses penyembuhan hampir selama dua bulan, kata harian itu, untuk melakukan pertemuan dengan wakil presiden China Xi Jinping pada Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com