Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Yerusalem Obama Disambut Kerusuhan

Kompas.com - 23/07/2008, 13:36 WIB

YERUSALEM, RABU - Tidak lama di Jordania, calon kuat presiden Amerika Serikat, Barack Obama, sudah bergeser lagi ke Israel sebagai persinggahan terakhir dari lawatannya ke Timur Tengah sebelum ke Eropa.
   
Obama, yang terbang dari Jordania, Selasa (22/7), dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Israel dan Palestina, Rabu. Sebelum ke Jordania, Obama sempat mengunjungi Irak untuk melihat dari dekat kondisi keamanan di negara penuh koflik itu.

Namun, kedatangannya segera disambut ketegangan kawasan itu, saat seorang warga Palestina tewas ditembak militer Israel setelah menyerang satu buldoser. Insiden yang juga menyebabkan sedikitnya 16 orang cedera itu terjadi di dekat Hotel King David, Yerusalem, tempat Obama menginap. Obama mengecam serangan itu dan berjanji akan memperkuat upaya perdamaian Timur Tengah jika dia terpilih pada pemilu November depan.
   
Senator Illinois ini—disertai mantan penasihat Timur Tengah Bill Clinton, Dennis Ross—mendukung solusi kedua negara dalam konflik Palestina-Israel. Ia menilai hubungan AS-Israel amat penting dan tak bisa digoyahkan.
   
Kunjungannya ke Timur Tengah adalah dalam rangka menarik dukungan kalangan pemilih Yahudi Amerika. Sebelumnya dia mengatakan bahwa perkembangan kemajuan penanganan konflik kedua negara cukup lamban. Selanjutnya, Obama akan terbang ke Eropa yang tampaknya akan menyambutnya sebagai pahlawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com