Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya Fidel Castro Terlihat di Hadapan Publik

Kompas.com - 18/06/2008, 11:00 WIB

HAVANA, RABU - Untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir televisi Kuba menayangkan gambar mantan pemimpin Fidel Castro. Dalam tayangan tanpa suara tersebut, Fidel Castro yang dilaporkan menurun kondisi kesehatannya setelah menjalani operasi usus tampak berbincang di sebuah taman dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez yang mengunjunginya.

Mantan pemimpin revolusi berusia 81 tahun itu lebih kurus dengan rambut dan janggut yang semakin memutih. Namun, Fidel tetap bersemangat saat berbincang dengan Chavez dan adiknya, Raul Castro. Dalam pertemuan itu Castro mengenakan pakaian olahraga bergaris merah dan biru.

Dari tayangan televisi Kuba, terlihat sejumlah pohon rimbun kehijauan di sekitar lokasi pertemuan Castro bersaudara dan Chavez. Namun, tidak diketahui pasti lokasi pertemuan tersebut.

Selain sebagai sahabat dekat, Chavez mengadakan perundingan dengan Fidel Castro untuk membicarakan kolaborasi perusahaan petrokimia dan penyulingan minyak di kota pelabuhan Cienfuegos, Kuba bagian timur.   Chavez dan Fidel juga membicarakan perlunya kedua negara memproduksi pasokan pangan secara swasembada dengan menggunakan sekecil mungkin ladang pertanian.

Kondisi medis Fidel Castro selama ini tertutup dari publik sejak ia menjalani operasi usus darurat pada penghujung Juli 2006. Gambar resmi Fidel Castro sama sekali tidak beredar di hadapan publik sejak Januari lalu sehingga menimbulkan tanda tanya besar dari kalangan publik apakah mantan pemimpin Kuba itu masih bertahan hidup.

Tidak terdapat tayangan televisi atau hasil jepretan foto yang diedarkan saat Chavez bertemu dengan Fidel pada Maret lalu atau saat Presiden Bolivia Evo Morales menemui mantan pemimpin Kuba itu bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com