Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosan ke Puncak? Gunung Bunder Aja...(1)

Kompas.com - 13/06/2008, 13:35 WIB

Berakhir Pekan ke Gunung Bunder

Jarum jam di pergelangan tangan saya tepat menunjuk pukul 20.00 WIB. Hujan rintik-rintik jatuh di atas kaca bis yang kami tumpangi. Tumben, malam ini Jakarta bermandi gerimis. Hari sudah gelap, tapi seperti biasanya jalanan di Jakarta tidak berkurang padatnya. Bis  merayap di jalan tol dalam kota yang katanya bebas hambatan.

Duduk di deretan kursi paling belakang, sudut kiri dekat pintu,  saya membayangkan tempat yang akan kami kunjungi malam ini. Sebuah resort di kawasan Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Pihak resort mengundang sejumlah media untuk bermalam di sana. Undangan yang memikat, menghabiskan akhir pekan di pegunungan yang sejuk. Saya tertidur ketika bus melaju dengan lancar selepas kepadatan di tol dalam kota.

            “Teman-teman ayo bangun, sebentar lagi kita sampai,” suara Daniel, pemandu kami dari pihak resort membangunkan saya.

Saya melirik jam di tangan saya. Ups, pukul 22.50 WIB. Hampir tiga jam saya tertidur. Mesin bus  menderu cukup kencang terndengar hingga ke dalam, namun bus seperti tertatih. Dari jendela depan Pak Supir terlihat rupanya bus sedang merayap menyusuri jalan kecil menanjak yang berkelok-kelok. 

Di luar jendela, di kejauhan di bawah sana tampak kerlap kerlip sinar lampu. Saya baru menyadari bahwa kami sudah berada di ketinggian.  Binar lampu di bawah sana adalah Kota Bogor.

            “Kita sudah memasuki wilayah Gunung Bunder. Sebentar lagi kita sampai,” suara Daniel memecah keheningan.

Saya nyaris kembali tertidur ketika suara Daniel kembali memecah kantuk saya dan meminta rombongan untuk turun dari bus. Dengan kesadaran yang belum sepenuhnya pulih saya beranjak dari tempat duduk. Brrr…udara dingin langsung menyergap. Nafas yang saya hembuskan dari mulut mengeluarkan asap. Malam itu angin bertiup cukup kencang.

            “Selamat datang di Michael Resort. Malam ini Anda akan menginap di resort paling eksklusif di Gunung Bundar,”  penerima tamu berpakaian kebaya serba putih menyambut kami menjelang tengah malam yang dingin.

***


Kawasan Gunung Bunder, Kabupaten Bogor, tidak sepopuler puncak. Padahal, tempat ini juga merupakan daerah pegunungan yang sejuk. Gunung Bunder sendiri sebenarnya adalah nama desa di kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kawasan ini berada di ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) dan sebagian besar merupakan hutan produksi milik Perhutani yang ditanami pohon rasamala dan pinus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com