Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang Solo dengan Helikopter Punggung

Kompas.com - 05/05/2008, 19:26 WIB

JAKARTA, SENIN - Meski sesuai kodrat diciptakan tanpa sayap, mimpi manusia untuk bisa terbang tak ada habisnya. Naik pesawat tidak cukup, helikopter juga masih kurang. Kini, dikembangkan helikopter punggung yang siap dipakai setiap saat untuk terbang solo.

Alat yang diberi nama Libelula ini tengah dikembangkan sebuah perusahaan di Meksiko bernama Technologia Aeroespacial Mexicana (TAM). Helikopter punggung ini menggunakan dua tabung berisi bahan bakar hidrogen, sebuah baling-baling, rangka serat karbon, dan tidak menggunakan rotor yang biasanya diletakkan di bagian ekor. Sebagai gantinya, roket berukuran kecil diletakkan di ujung baling-baling untuk menggantikan rotor pemutar baling-baling yang tidak mungkin dipasang di tubuh manusia.

Bagian paling menarik pada helikopter ini adalah tak membutuhkan rotor ekor karena tidak membutuhkan tenaga putaran. Jadi, hanya dengan baling-baling sederhana, ia dapat terbang sebagai helikopter paling ringan, mudah, dan aman diterbangkan.

Tapi, jangan senang dulu karena alat tersebut baru sebatas ide desain. Meski demikian, TAM telah berpengalaman memproduksi berbagai jenis roket berbahan bakar peroksida, mesin jet, kursi lontar, dan roket sepeda.

Apalagi, TAM mengklaim dapat mengembangkan sendiri sebagian besar komponen yang dibutuhkan. Kebanyakan komponen sama dengan yang digunakan pada kursi lontar. Jadi, tinggal menunggu waktu kapan Libelula akan terbang. Tunggu saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com