Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelidikan Kematian Putri Diana Tuntas

Kompas.com - 31/03/2008, 07:26 WIB

LONDON, SENIN - Mendekati 11 tahun kematian Putri Diana dan pacarnya Dodi al Fayed titik terang atas misteri yang menyelubunginya diharapkan segera muncul.

Penyelidikan panjang dan melelahkan oleh tim forensik akan segera berakhir. Ahli forensik Lord Justice Scott Baker diperkirakan menyajikan hasil akhir penyelidikannya hari ini, Senin (31/3).

Mungkin dalam beberapa hari mendatang ia sudah menyampaikan hasil itu di depan juri. Pertanyaan kuncinya adalah, apakah kecelakaan di Paris 31 Agustus 1997 itu murni kecelakaan.

Ayah Dodi, Mohammed Al Fayed belum mencabut keyakinannya selama ini bahwa anaknya tewas di tangan agen-agen rahasia Inggris atas perintah Pangeran Philip, mertua Diana.

Sebaliknya polisi Prancis sudah menyimpulkan itu kecelakaan karena si sopir Henri Paul yang mabuk dan ngebut. Sedangkan penyelidikan polisi Inggris hanya menyetujui kesimpulan itu.

Selama penyelidikan itu, 240 saksi diperiksa mulai 2 Oktober 1997. Saksi itu antara lain teman dekat Diana dan mantan kepala rumah tangga, sekretaris pribadi Pangeran Philip dan seorang mantan kepala dinas rahasia MI6. Upaya Al Fayed agar Philip memberi kesaksian di depan tim koroner, dan permintaan tertulis kepada Ratu Elizabeth II ditolak pengadilan.

Ada bukti bahwa Diana takut meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Namun beredar juga spekulasi bahwa Diana akan meninggal dalam kecelakaan helikopter atau pesawat terbang. Ada juga kesaksian yang menyebut Diana sangat takut kepada Philip.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com