Tembus Hujan Demi Memohon Rezeki

Kompas.com - 07/02/2008, 10:19 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Di bawah guyuran hujan yang turun sejak pagi, warga Tionghoa terus mengalir ke puluhan rumah ibadah, baik klenteng maupun wihara, Kamis (7/2). Tak sedikit yang rela berbasah kuyup agar bisa bersembahyang di hari pertama tahun baru Imlek ini.

Misalnya di Wihara Dharma Bhakti di kawasan Petak Sembilan Jakarta Barat. Warga terus berdatangan mulai tengah malam. Rumah ibadah itu tidak pernah sepi karena ketika satu keluarga pergi, keluarga lain datang. Di ruang dalam pun menjadi penuh asap dupa.

Salah satu warga yang rela menempuh derasnya hujan adalah Santo (26) warga Jembatan Besi. Menurutnya, sembahyang tahun baru adalah saat untuk mengajukan permohonan kepada penguasa dunia. "Saya memohon supaya diberi keselamatan, diberkati, dan panjang umur, khususnya keluarga," kata Santo.

Sementara itu, di luar, puluhan pengemis menantikan sedekah dari pengunjung wihara. Tiap ada orang keluar, mereka menjulurkan tangan. Mereka pun mendapat angpao dengan isi beragam. "Ada yang ngasih 100 ribu rupiah dan seliter minya goreng. Ini paling banyak yang pernah saya terima," kata seorang pengemis dari Mampang.

Tak sedikit pula warga non Tionghoa yang datang ke wihara itu sekadar untuk melihat-lihat suasana. Di antara mereka ada yang memanfaatkan suasana setahun sekali itu untuk berfoto.(C1-08)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.